Basa (basi)

Obrolan di jalan antaran gue dan seorang teman yang sudah menikah.

Gue: Si X keguguran, kasian…tapi udah sehat lagi sih alhamdulillah.

Kemudian berlanjut ke isu yang lebih luas namun terjadi dalam kehidupan sehari – hari masyarakat kita.

Gue: Kasian deh dia, orang juga baru setahun nikah ditanyain mulu “udah isi belum”. Tuntutan society tuh ya… Ya mungkin dia juga pengenlah segera punya anak, tapi ya gimana emang belum dikasih sama Allah.

Teman: Emang. Pas masih sendiri ditanyain kapan nikah, udah nikah ditanyain udah isi belum, tar punya anak ditanyain udah bisa jalan belum, terus aja mereka urusin kehidupan kita.

Gue: Coy ngurusin kata orang mah ga ada selesainya. Lelah.

Dan pertanyaan semacam “udah isi belum”  udah sangat biasa jadi bahan obrolan basa – basi di masyarakat kita, even orang yang ga deket sama sekali. Padahal hal – hal semacam itu sensitif menurut gue. Risih dengernya. Kalau gue sebisa mungkin berusaha menghindari pertanyaan – pertanyaan sensitif gitu. Pada dasarnya ga suka basa – basi sih. Karena menurut gue basa – basi itu ga penting coy, terbukti kan malah menyakiti. Yang nanya mah enteng aja ngomongnya, sincere juga engga, tapi semudah itu juga loh kata – kata lo itu menyakiti orang lain.

Bahan basa – basi yang ga kalah sering muncul juga seperti “eh lo kurusan ya?” “kok gendutan?makmur nih”. Ya..fisik.

Society..please.

Beruntungnya kalau kita orang yang santai, cuek, dan bisa menganggap pertanyaan – pertanyaan itu sebagai angin lalu. Bagus.

Tapi, buruknya, terkadang lingkungan terdekat kita yang termakan oleh tuntutan society. Jadi ga bisa selesai sampai pada kita cuek masa bodo kemudian masalah selesai.

That’s life…

Salut sama orang – orang yang bisa menghadapinya dengan penuh bijaksana, tetep senyum dan polite. Salut!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s