Kuliner Wajib Saat Liburan ke Dieng -Wonosobo

oleh oleh wonosobo
Oleh oleh Wonosobo – Candi Dieng

Liburan ke suatu tempat tanpa wisata kuliner tuh ada yang kurang.. iya ga si? hehe. Sayang aja ketika udah punya kesempatan untuk mengunjungi daerah yang baru tapi ga mengusahakan untuk juga mencicipi makanan asli daerah itu.

Dieng.. ada yang belum tau? Ini adalah salah satu kawasan di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai tempat sejarah, keindahan alam yang luar biasa, dan juga bukit dan gunung yang super keren buat hunting sunrise. Beberapa lokasi wisatanya ada Candi Arjuna, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, Bukit Sikunir, Gunung Prau, dan masih banyak lagi. Selain itu, waisata kulinernya juga banyaaak. Nah.. ini kan momennya lagi event Dieng Culture Festival, jadi disini mau review apa aja sih makanan yang wajib banget dicoba kalau kalian liburan ke Dieng atau Wonosobo? Nih simak yaa..

Mie Ongklok

mie ongklok

Mie yang di’ongklok’ ini udah jadi primadona banget buat para wisatawan Wonosobo. Komposisinya yaitu mie telur dan sayur (kol dan kucai) diberi kuah kental yang berasal dari tepung tapioka dan berbagai rempah yang amazingly menjadikan rasa mie ini menjadi luar biasa sekaliii. Biar makin mantap juga ditambahkan kuah kacang, makannya ditemani sama sate sapi dan tempe kemul. Dijamin kangen!

Tempe Kemul

Update-Keripik tempe kemul

Tempe yang di’kemuli’, artinya tempe yang diselimuti. Maksudnya? Jadi bayangkan aja tempe yang di mas mas gorengan biasanya, tapi kalau tempe kemul ini bedanya dari segi warna, tempe yang digunakan, dan sayur tambahannya. Tempe kemul berwarna kekuningan (berasal dari tepung yang dicampung kunyit), tempe ‘mondol’ atau tempe yang menggunung, dan diberi tambahan irisan daun kucai. Rasanya? hmmmmm jangan ditanya. Orang – orang Wonosobo udah mengganggap tempe kemul seperti makanan wajib, jadi kalau sehari tanpa tempe kemul tuh… hampa. OIa sekarnag udah ada keripiknya, jadi yang di luar kota bisa nyobain ga perlu takut basi deh hehe.

Carica

carica - candi dieng

Carica adalah buah yang mirip pepaya, tapi kecil, dan cuma tumbuh di Dieng. Ajaib kan? haha. Nah buah carica ini ga bisa dimakan langsung soalnya banyak getahnya, makanya diolah jadi manisan. Manisan carica in light syrup  udah jadi ikon kota Wonosobo, udah dipatenkan loh. Jadi kalau berkunjung ke Wonosobo, cobalah manisan carica ini. Rasanya perpaduan asam dari buahnya, dan manis kuahnya, jadinya? segerrrr banget. Pastikan caricanya pake gula pasir asli dan tanpa zat pewarna buatan yaa.

Keripik jamur

keripik jamur kancing - candi dieng

 

Jamur dibuat keripik? Ini sih bonus banget, soalnya manfaat jamur kan banyak banget buat keseharan. Jadi nyemil – nyemil cantik sambil usaha sehat bisa banget dengan nyemilin keripik jamur ini. Variannya ada 3 macam, keripik jamur kancing, kuping, dan tiram. Bedanya apa? Kalau rasanya sih mirip – mirip kok cuma beda tekstur aja dari jenis jamurnya. Kalau jamur kancing yang pertama ada jadi biasanya disebut ‘yang paling khas’, teksturnya lebih empuk, tapi jamur kuping dan jamur tiram juga ga kalah enak loh. Biasanya kalau udah nyoba malah jadi nambah jamur kuping dan tiram juga.

Kacang Dieng

kacang dieng - candi dieng

 

Kacang dieng ini mirip sama kacang koro, tapi lebih besar dan tekstutnya juga lebih empuk. Nah kalau penduduk sekitar biasanya menyebut kacang dieng ini ‘kacang babi’, tapi ga ada hubungan apa – apa sebenarnya sama si babi hehe.

Teh Tambi

teh tambi - candi dieng

Teh tambi ini ditanam di daerah Tambi, nah karena Tambi itu daerah yang cukup tinggi makanya teh nya akan lebih enak,. Meskipun teh hitam tapirasanya ga cuma sekedar pahit, ada ‘sepet’nya juga. Nikmat banget menemani dingin pagimu #tsah.

 

Nah itu dia review beberapa makanan khas atau cemilan khas atau bisa juga untuk oleh – oleh sanak saudara di rumah. Nah, masalahnya sekarang adalah ‘belinya dimanaaaa?’. Tenang saudara, silakan kesini aja semuanya lengkap! 😀

http://www.candidiengsnack.com

atau https://goo.gl/maps/M1RzchvPYXo

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s