#HappyCooking Katsudon

Kalo ada yang belum tau Katsudon, ini adalah masakan jepang yang sebenarnya simpel banget dan enak. Yaitu chicken katsu dimasak sama telur dengan kuah manis dan asin. Sebelum masak ini siapin dulu chicken katsunya yaa.. resepnya ada di postingan sebelum ini https://pengopeng.wordpress.com/2016/03/10/happycooking-chicken-katsu/ 🙂

Bahan – bahan:

Chicken katsu, dipotong – potong tapi jangan putus

Telut, dikocok lepas

Soy sauce (kecap asin)

Kecap manis

Nori plain (yang lembaran), diiris panjang – panjang

Bawang bombai, iris panjang

Daun bawang (bagian yang hijau), diiris kecil – kecil

Cabe rawit, iris kecil – kecil

Mayones

Nasi hangat siapkan dalam mangkok

 

** Kalau resep yang aslinya dari Jepang, ada bahan – bahan lainnya yaitu:

Dashi (dibuat dari air rebusan bonito/ fish flakes)

Mirin dan sake (ga halal, bisa diganti pake cuka apel + air lemon +madu)

Tanpa bawang bombai, cabe rawit, dan mayones)

 

Cara membuat:

  1. Iris – iris chicken katsu menjadi beberapa bagian (tapi jangan putus)
  2. Siapkan teflon, masukkan bawang bombai (iris panjang – panjang) sampai harum
  3. Masukkan kecap asin, kecap manis, merica, dan irisan cabe rawit (ini mah sok ide aja biar enak pedes hehe). Kalau suka asin boleh tambah garam.
  4. Masukkan chicken katsu
  5. Tuang telur kocok di atas chicken katsu secara perlahan
  6. Diamkan sebentar sampai telur agak matang (tapi jangan sampai terlalu matang)
  7. Angkat dan tuang di atas nasi
  8. Tambahkan irisan daun bawang,  irisan nori dan mayones di atasnya
  9. Sajikan selagi hangat

 

Ini favorit banget sih. Selain simpel (dari bahan dan cara masak) tapi juga enak banget. Perpaduan krispi katsunya bercampur sama gurih telur dan kuahnya tuh pecaaaaah, terus campur sama rasa nori yang super enak itu tuh.. ajaib! Ajaibnya lagi karena gue tambahin mayones sama cabe rawit wkwk. Wajib cobain yaaa hehe 😀

 

Katsudon
Katsudon

*Tolong abaikan putih – putih itu adalah sisa rimpilan keju yang gue taroh aja di atasnya hehe

 

Advertisements

One thought on “#HappyCooking Katsudon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s