#Indonesia Bulukumba, you’re Amazingly Beautiful

Coto Makassar, Pisang Ijo, Konro……………. Aren’t they just so good? *ngiler. Yeah, Makassar adalah kota penuh makanan enaaaak. Ga hanya itu siih, kotanya juga bersih dan masyarakatnya penuh semangat. Malem – malem ke jalanan juga masih banyak banget tempat nongkrong yang rame, tempat makan ya maksudnya. Dan Makassar punya tempat main yang…. sangat dekat. Ya benar, Pantai Losari! Jangan salah yaa pantai di tengah kota juga bagus bangeet. Am I the only one yang super norak, Losari adalah laut pertama yang gue temukan berada di pinggir jalan raya, melewati kawasan perkotaan. Kan biasanya kalau di Indonesia namanya laut yaudah kan ya laut dan daerah di sekitarnya ya hutan atau semacamnya, nah kalau Losari kayak  di luar negeri gitu di pinggir kota. Norak ya maafin hehehe. Yagitudeh pokoknya, buat ukuran tempat wisata yang sangat mudah dijangkau, gratis, dan bersih… LOSARI! Waktu gue kesana ternyata ramai banget tempatnya sama pengunjung, bahkan orang lokal sebagian besar. Ngapain cobaa? Menunggu sunset sambil foto – foto doong. Ga perlu jauh – jauh buat dapet sunset yang bagus, ga percaya? Nih yaa

1

Setelah mendapatkan sunset marilah kita menjalankan solat, karena di daerah Losari ada juga masjid yang hits…yaaa Masjid Apung. Duh Makassar emang friendly banget sama kita – kita yang lagi main disana. Setiap kira – kira satu menit pasti ada aja masjid di kanan kiri jalan, dan pasti masjidnya bagusss. Terimakasi Makassar dan sekitarnya, jadi ga perlu khawatir solat dimana kalo jalan – jalan disana :)).

Kalau mau ke tempat wisata yang deket dari Makassar (sekitar 1 jam) bisa nih ke Taman Nasional Bantimurung. Simply amazing, kanan kiri diapit oleh tebing yang tinggi, pepohonan hijau, air terjun, mata air, dan taman kupu – kupu. Tapi jujur tempatnya agak kurang terjaga, padahal sebenarnya potensinya banyak banget loh. Semoga ke depan pemerintah lebih memperhatikan yaa soalnya kan taman nasional niih. Pas mau masuk di gerbang disambut sama ini nih

4

2

3

And so, ga afdol kan kalo ke Sulawesi Selatan tapi diem di Makassar dan sekitarnya doang, jadi marilah kita ke Bulukumba! Karena  perjalanannya lumayan panjang dan macet, sekitar 4 – 5 jam, jadi mending berangkat pagi – pagi. Tujuan pertama kita adalah Apparalang, sebenarnya ini unplanned sih tiba – tiba aja bapak supirnya ngajak kesini dulu. Waktu udah mau masuk kawasan pantainya kita melewati hutan – hutan yang super kering, waktu itu masih masa kemarau panjang Indonesia. Agak ngeri juga membayangkan kalau tiba – tiba ada daun kering yang kena api dikit pastilah jadi kebarakaran hutan..and no one around beside us. Jadi janganlah membuka lahan dengan cara dibakar, ruginya banyak aspek deh, apalagi kalo misalkan ternyata ada orang di dalem kaya kita yang lagi lewat ini, dosanya banyak pak!

Waktu udah mau masuk kawasan parkir, ga seperti tempat wisata lain yang banyak pedagang gitu ya di sini sepi banget, bahkan yang jaga parkir cuma dua cewek… Katanya tempat wisata satu ini belum banyak yang tau jadi masih sepi. Jadi posisi kita adalah di atas, laut bisa kita lihat di bawah kita. How is it? Perjalanan panjangnya terbayar. Udah itu aja.

20151021_142112

 

5

6

 

Lanjut ke sisi yang lain dari Apparalang ini. Bagus banget yaaa T_T. Saking bagusnya ampe beneran mau nangiis #maaflebay #tapibeneran

8

9

Lautnya tiga warna, karang yang bahkan terlihat dengan jelas dari ketinggian, dan suara ombak… what’s more you want dude?

Buat siapapun yang mau mengunjungi Apparalang, tolong jangan kotori tempat ini. I beg you. Buang sampah di tempatnya, jangan sekali – kali corat coret, dan jangan rusak fasilitas yang ada… jangan jadi traveller norak nan alay please.

Setelah dipaksa puas..karena waktu yang semakin sore, kita lanjut perjalanan ke tujuan utama kita yaitu Tanjung Bira. Sekitar satu jam akhirnya sampai. Pasir di Tanjung Bira ini adalah pasir putih dan super lembut, udah kaya bedak bayi deh seriusan.

Karena kita udah reservasi perahu dari sebelumnya, jadi sampai langsung naik perahu. Aaaargh berada di tengah lautan lepas bersama ombak itu sangat menyenangkan..happy happy! Perjalanan ke pulau seberang sekitar 30 atau 45 menit, dan berhubung waktu itu udah sore  jadi air lautnya lagi pasang. Ombaknya gede bangeeet terombang ambing wuuush wusssh hehe seruu! Oia, sebenarnya paket perahu bisa sekalian sama snorkeling (sekitar 350.000 ribu).

10

Kita diajak ke panangkaran penyu sama bapak nelayannya, jadi kita mampiir

11

Adek itu jago banget berenangnya *ngiri.

Karena udah sore dan seems nothing much di pulaunya (kecuali lo mau nginep disana) jadi langsung balik aja kita ke daratan. Makin sore makin ganas ombaknya huhuuuy. Beruntung bapak nelayan kita orangnya santai, senyuum aja ada ombak super gede juga hehe.

Alhamdulillah sampai di daratan dengan selamat, dikasih bonus sunset lagi :*

12

Proudly to be anak Indonesia yang alamnya luar biasa berlebihan indahnya. Semoga gue bisa memberikan sedikit kontribusi buat Indonesiaku tercinta yaaa. See you Sulawesi 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s