Penerimaan Peserta Didik Baru MAN INSAN CENDEKIA SERPONG Tahun Ajaran 2012/2013

INSAN CENDEKIA

Buat adek-adek yang masih di bangku MTs ataupun SMP, dan pengen melanjutkan belajarnya di MAN INSAN CENDEKIA, monggo dibaca-baca informasinya. Pendaftaran tahun ini dibuka bulan April, udah hampir loooh dipersiapkan yaaa 😀

Informasinya bisa langsung dibuka aja di website resmi MAN INSAN CENDEKIA SERPONG, http://ic.sch.id

 

Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:

  • Pendaftar adalah peserta didik kelas IX MTs/SMP pada TP 2011/2012.
  • Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2012.
  • Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak:
      a. 1-3 kelas, berhak mengirim maksimal 5 orang peserta
      b. 4-5 kelas, berhak mengirim maksimal 7 orang peserta
      c. > 5 kelas, berhak mengirim maksimal 9 orang peserta
  • Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas.

Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2011/2012 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi

 

SYARAT PENDAFTARAN

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2012/2013 dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online di alamat http://penerimaan.ic.sch.id. Berkas yang diperlukan saat pendaftaran adalah sebagai berikut:

  • Foto 3 x 4 berwarna dalam bentuk file JPEG
  • Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik terbaik atau sertifikat keikutsertaan lomba bagi siswa berprestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
  • Surat keterangan tinggal/menginap di pondok pesantren bagi siswa yang berasal dari SMP/MTs pondok pesantren dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
  • Satu halaman rapor semester 1 kelas IX yang dilegalisasi kepala madrasah dalam bentuk file JPEG

WAKTU PELAKSANAAN

Alur Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun 2012 adalah sebagai berikut:

  • Persiapan (1 Januari – 7 Februari 2012)
  • Sosialisasi & Publikasi (13 Januari – 31 Maret 2012)
  • Proses Pendaftaran (1 – 21 April 2012)
  • Seleksi Berkas (1 – 25 April 2012)
  • Pengumuman Peserta Tes (26 April 2012)
  • Pelaksanaan Tes (12 Mei 2012)
  • Pengumuman Kelulusan (28 Mei 2012)
  • Daftar Ulang (1 – 18 Juni 2012)
  • Awal Masuk Madrasah (7 Juli 2012-tentatif)

MATERI SELEKSI

Meteri seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan tes akademis untuk mata pelajaran: matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

 

TEMPAT TES DAN BIAYA

Tempat Seleksi
Seleksi peserta didik baru akan dilaksanakan di tempat yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kanwil Kemenag tersebut minimal peserta tes 30 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas.

Biaya Pendidikan
Bagi calon peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan subsidi pemenuhan kebutuhan pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

Jumlah siswa keterima nanti ada 120 orang siswa untuk IC Serpong, dan 120 siswa untuk IC Gorontalo. Nah, kalo udah masuk nanti bakal dibagi jadi 5 kelas, jadi tiap kelas ada 24 siswa. Kelas yang kecil dan selalu seru! hhe..

Berhubung saya alumni MAN IC Serpong tahun 2011, menurut saya di IC itu banyak banget hal yang kita ga bakal dapet kalo ga disana deh. Bahkan sampai sekarang, IC masih menjadi RUMAH KEDUA KAMI. Namanya kangen IC itu ga bakal abis-abis. Makanya, buat adek-adek yang emang pengen masuk IC, terus berjuang yaa!! Pasti ada kok jalan kesana 😀

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s